|


KM Angke Jaya 2 Terbakar, 10 ABK diselamatkan TNI AL

Editor: Admin



METROINDO.CO.ID | JAKARTA - Sebanyak 10 orang awak kapal penangkap ikan KM. Angke Jaya 2 yang terbakar hebat di perairan Teluk Jakarta, berhasil ditolong oleh KRI Teuku Umar-385 yang tengah melaksanakan operasi patroli keamanan dan kedaulatan di laut. Kamis (14/4/2022)


Komandan KRI Teuku Umar-385 Letkol Laut (P) Faisal Yanova Tanjung, menyampaikan bahwa proses evakuasi dimulai saat melihat kepulan asap dari kejauhan lalu melakukan pendekatan dan identifikasi kontak secara visual. 


Kondisi kapal yang terbakar hebat mengakibatkan KRI Teuku Umar tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar 80% bangunan kapal penangkap ikan tersebut.




Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi. Kesepuluh awak kapal yang merupakam nelayan tersebut mendapatkan pemeriksaan kesehatan sebelum dititipkan pada sebuah kapal ikan lainnya KM. Blessing 03 yang melintas disekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta. 


Usai menitipkan kesepuluh awak kapal ke KM. Angke Jaya 2 yang terbakar tersebut, KRI Teuku Umar-385 melanjutkan patroli menuju sektor Operasi. 


Ditempat terpisah Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah menyampaikan apresiasi atas upaya pertolongan yang dilakukan oleh jajarannya tersebut. 


"Sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan TNI Angkatan Laut dimana saja harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat pengguna laut dan tidak ragu-ragu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk alut sista guna kepentingan kemanusiaan," ujarnya.


Penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang. (Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->