|

Dirjen Hubla Canangkan Program Padat Karya Tahun 2022 Dihadiri Anggota DPR RI Komisi V

Editor: Admin


METROINDO.ID | BELAWAN - Kegiatan pencanangan program padat karya yang melibatkan masyarakat Belawan dilaksanakan di lingkungan Kementrian Perhubungan UPT Direktorat Jendral Perhubungan Laut. Selasa siang (25/10/2022) di kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan di Jalan Deli Belawan.

Dimulainya kegiatan program padat karya ini langsung dihadiri Anggota DPR RI Komisi V Bob Andika Mamana Sitepu SH ditandai dengan aksi pemberian alat kerja program padat karya secara simbolis pada ratusan masyarakat yang berhadir seperti cangkul, sekop, sapu lidi, ember dan timba plastik.

Dilanjutkan, dengan penanaman pohon yang berada di samping kiri kantor OP Utama Belawan serta berfoto bersama sebagai dokumentasi.

Anggota DPR RI Komisi V Bob Andika Mamana Sitepu SH saat diwawancarai mengatakan, selaku mitra dari Komisi 2 DPR RI Kemenhub Cq Dirjen Perhubungan laut kita mengapresiasi kegiatan program padat karya yang dilaksanakan otoritas Pelabuhan Utama Belawan (OPUB) bersama instansi terkait guna membantu masyarakat terdampak Covid 19 .

Ini berarti apa yang diintruksikan Presiden RI dilaksanakan Kemenhub dan jajarannya dengan melaksanakan program padat karya ini yang berdampak padat masyarakat di sekitar KSOP Belawan ini.

"Kita himbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan karena wabah covid belum selesai serta kita harapkan dengan program padat karya ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang terdampak," katanya. 

Kedepan nantinya akan kita tingkatkan kembali jumlah masyarakat ikut dalam program padat karya ini sehingga bagi masyarakat sekitar yang terdampak covid 19 dapat terbantu.

"Kita ingin masyarakat sekitar KSOP ini dapat merasakan program yang telah dibahas kemenhubla," terangnya. 

Ditambah Capten Bharto Ari Raharjo, Msi selaku Plt. Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan menjelaskan, kegiatan program padat karya ini intinya dilaksanakan berkolaborasi guna memulihkan ekonomi  nasional.

Sementara itu Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Ir.Andi Fiardi MT menjelaskan,  kegiatan padat karya ini merupakan program UPT Perhubungan Laut meliputi instansi Otoritas Pelabuhan (OP), Syahbandar dan Navigasi Belawan.

"Sebagaimana yang disampaikan anggota DPR RI Pak Bob Andika Mamana Sitepu SH yang mengapresiasi kegiatan padat karya yang dilaksanakan ini merupakan program pemerintah salah satunya dalam rangka mengentaskan kemiskinan," ujarnya. 

Dengan adanya program padat karya ini nantinya dapat membantu pendapatan masyarakat sekitar Belawan ini.

"Kegiatan padat karya yang melibatkan  masyarakat ini ada sekitar 10075 orang di Belawan ini diantaranya jenis pekerjaan  diantaranya kegiatan pengecatan, kebersihan serta penghijauan dan taman", tambah Kepala Distrik Navigasi Kls I Belawan Arif Muljanto, ST, MT.

Terpisah, Jamaluddin salah seorang warga yang ikut serta dalam program padat karya mengaku bersyukur dengan adanya program padat karya.

Selain dapat mengatasi pengangguran di Belawan, program ini juga berdampak dapat meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Kita harapkan program ini dapat terus berlanjut demi peningkatan ekonomi masyarakat", ujar warga Lingkungan 11 Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan yang juga dikenal sebagai mantan Kepling ini.(MI/Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->