|


Menteri KKP Prihatin Melihat Kondisi Pelabuhan Perikanan Belawan Jorok dan Kumuh

Editor: Admin
Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono tinjau kondisi kawasan PPSB, Gabion yang rencananya akan dibangun KKP dengan menggunakan dana pinjaman dari Francis, tahun ini, Kamis (26/1/2023).


METROINDO.ID
| BELAWAN -
Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan prihatin melihat kondisi semua pelabuhan perikanan di Indonesia, akibat tidak ada pembangunan selama enam tahun terakhir.

Dari enam Pelabuhan Perikanan di Indonesia yang terjelek, jorok dan kumuh adalah Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan, Sumatera Utara. 

"Lihat saja kondisi pelabuhan Belawan ini, bau dan jorok serta kondisi ini sama pada semua pelabuhan perikanan di Indonesia," katanya saat berkunjung ke kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB), Gabion, Belawan, Kamis (26/1/2023).

Terkait hal itu, KKP akan menggelontorkan uang sebanyak Rp 400 hingga 500 M untuk membangun PPSB yang bersumber dari APBN dan pinjaman dari negara Francis.

"Pelaksanaan pembangunannya tahun ini karena sudah sempat tertunda satu tahun," ujar Trenggono.

Disinggung tentang diterapkannya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 5 persen terhadap penangkap ikan terukur, Trenggono menjelaskan, pembahasannya sudah melalui beberapa kali pertemuan dengan sejumlah pengusaha dan instansi terkait serta nelayan.

"Semua uang yang dihasilkan dari PNBP atas penangkapan ikan terukur itu akan dikembalikan kembali untuk pembangunan infrastruktur pelabuhan yang enam hingga tujuh tahun belakangan ini tidak ada pembangunan," jelasnya.

Usai mendampingi menteri, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Sumut Zulfahri Siagian memberi apresiasi kepada KKP yang berencana membangun PPSB. 

"Namun kami berharap arah pembangunan itu harus tetap mengutamakan kepentingan nelayan. Terutama terkait rencana reklamasi pelabuhan yang lokasinya bersebelahan dengan pemukiman nelayan Kota Medan," ujarnya.

Pada kunjungan perdana ini, Menteri KKP menyempatkan diri meninjau kondisi PPSB sambil berbincang dan berjalan kaki tangan pejabat terkait yang hadir diantaranya Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan Asep Saifullah, Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Ir. Aspan Sofian, MM, Ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon. (*) 


Editor : HENDRA HARTANTO

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->