|

HUT Ke 51, DPC HNSI Medan Gelar Baksos dan Potong Nasi Tumpeng

Editor: Admin
Ketua DPC HNSI Kota Medan Abudul Rahman alias Atan didampingi Bendahara Dedi Kasih saat pemotongan tumpeng


METROINDO.ID | BELAWAN - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kota Medan mengelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan 300 karung beras kepada nelayan Kota Medan dan pemotongan nasi tumpeng, Senin (27/5/2024) siang. 

Acara yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Medan Belawan ini dihadiri oleh Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian SE, Ketua DPC HNSI Kota Medan Abdul Rahman (Atan), Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan Gelora Kurnia Putra Ginting S. Stp. MM, Camat Belawan diwakili Kasi Kesos, Kasat Binmas AKP Arman Siregar mewakili Kapolres Pelabuhan Belawan, mewakili Dirpolairud Polda Sumatera Utara, pengurus Rukun Nelayan se Kota Medan, Karang Taruna dan masyarakat nelayan. 

Ketua DPC HNSI Kota Medan, Abdul Rahman mengatakan HNSI, khususnya DPC HNSI Kota Medan tak henti-hentinya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik instansi-instansi pemerintah, swasta TNI -POLRI. 

"Itu dilakukan demi kepentingan nelayan, khususnya nelayan Kota Medan. Semoga HNSI tetap bersama masyarakat nelayan menuju kehidupan yang lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian. SE mengatakan, diusia ke 51 tahun ini masih banyak PR yang harus dikerjakan bagi masyarakat nelayan, banyak yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah dan HNSI. HNSI juga dapat berjalan bila didukung oleh masyarakat nelayan itu sendiri.

Ketua DPC HNSI Kota Medan Abdul Rahman memberikan potongan Nasi Tumpeng kepada Ketua DPD HNSI Sumut Zul fahri Siagian, SE


"Sampai hari ini masih banyak masyarakat nelayan yang belum masuk ke dalam data base. Khususnya nelayan dibawah 5 GT disebut nelayan skala kecil, sedangkan diatas 5 T kategori nelayan skala besar. Dan saat ini DPD HNSI Sumatera Utara sedang memfollow up BPJS kesehatan dan tenaga kerja bagi masyarakat nelayan." jelas Zulfahri. 

Selain itu juga DPD HNSI Sumatera Utara sedang berupaya kepada Gubernur Sumatera Utara agar membuat kuota yang besar BPJS Tenaga kerja bagi masyarakat nelayan Sumatera Utara, khususnya nelayan Kota Medan.

"Karena masyarakat nelayan di Kota Medan ini banyak. Dan masih banyak lagi programnya HNSI, juga ada beasiswa bagi anak nelayan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi," terangnya.

Pemberian Sembako Nelayan Belawan


Sedangkan Kepala Dinas Petahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan Gelora Kurnia Putra Ginting.S.Stp.MM mengatakan, ia yakin kedepan HNSI semakin solid dan kompak dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat nelayan. Bahkan dirinya akan terus berupaya agar Dinas perikanan kota medan memiliki andil untuk pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat nelayan.

"Medan ini memang lebih banyak binaan nelayan dan pengelolaan ikan air tawar, kami terus berupaya agar dinas perikanan kota Medan memiliki andil untuk pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat nelayan. Saya minta pada kepala balai untuk mengutamakan pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat nelayan kota Medan baik pelatihan bidang UKM dengan standart mutu yang berkualitas bisa ekspor, kita bekerjasama dengan balai standar mutu. Selain itu juga Pemko Medan juga memberikan 2500 kartu asuransi /BPJS tenaga kerja bagi nelayan". jelas Gelora. 

Lanjut Gelora, bahkan pihaknya,tetap berupaya guna peningkatan pendidikan dan penghasilan masyarakat nelayan dan telah memberikan 2500 BPJS Tenagakerja bagi nelayan beberapa waktu lalu di BPPP kota Medan dan tahun ini akan digulirkan lagi kartu asuransi bagi nelayan. 

"7000 nelayan yang memiliki kartu nelayan Kusuka belum bisa seluruhnya mendapatkan kartu BPJS Tenaga kerja. Akhirnya kami mengucapkan terimakasih pada HNSI, selamat HUT ke 51 semoga ke depan HNSI semakin memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan kota Medan," tutup Gelora. 

Selanjutnya dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng sekaligus pemberian 300 karung beras bagi masyarakat nelayan yang diserahkan secara simbolis mewakili sebanyak 10 nelayan. (MI/Usman)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->