|

Symphony 20 Tahun, Alumni SMK Negeri 2 Rantau Utara Angkatan Pertama Berjalan Sukses dan Meriah

Editor: Admin
Para Alumni ke-1 SMK Negeri 2 Rantau Prapat foto bersama Guru


METROINDO.ID
| LABUHANBATU -
Reuni menjadi sebuah momen yang menyenangkan di mana kita bisa bertemu dengan teman-teman kita yang mungkin sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Acara tersebut dikemas masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 sekaligus acara halal bilhalal antara sesama alumni dan Guru SMK Negeri 2 Rantau Utara.

Mengenang 20 tahun, 2003 - 2023 angkatan pertama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggelar Temu Kangen (reuni) berlangsung sukses dan digelar secara sederhana dan meriah. 

Gelaran reuni tersebut dilaksanakan di Halaman SMK Negeri 2 Rantau Utara, Kota Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu. Sabtu (29/4/2023).

Sekurangnya ada Ratusan orang alumni yang hadir dalam acara reuni tersebut. 

M Iqbal Sitorus, ST selaku penggagas dan ketua Symphony tersebut mengatakan, jumlah ini cukup besar mengingat setengah dari alumni angkatan pertama SMK ini saat ini sudah berdomisili di luar Medan.

"Jadi alumni kita itu lebih dari 90 persen sukses dan banyak juga yang masih bekerja di luar kota seperti di pulau Jawa atau bahkan ada yang sudah berdomisili di luar negeri," ujar Iqbal. 

Ia menambahkan sebenarnya sampai saat ini para alumni masih kompak masih sering ketemu tapi tidak semua hanya satu atau dua orang saja. Berhubung ini sudah 20 tahun para alumni ingin membuat acara yang lebih besar dan menyatukan alumni-alumni angkatan pertama. Bisa dibilang ini reuni resmi untuk pertama kali.

"Kami mengumpulkan teman-teman dari semua kontak di Facebook lalu masuk ke grup WhatsApp dan kami juga mencari guru-guru yang dulu pernah mengajar kami, persiapan gelaran reuni ini hanya sekitar 5 bulan," ujarnya.

Pada reuni kali ini mereka juga tidak lupa mengundang guru-guru yang sudah mengajar mereka dari dulu dan guru-guru yang sedang aktif mengajar di SMK Negeri 2 Rantau Prapat saat ini.

"Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada guru yang pernah mengajarkan kami dulu. Karena apa yang mereka lakukan kepada kami bukan seperti guru terhadap murid tapi cara mereka mendidik kami seperti teman seperti anak," ujar Mantan Ketua Osis tersebut.

Sambil mengenang Iqbal bercerita saat mereka tamat sekolah, dulu nama SMK Negeri 2 ini bukan SMK Negeri 2 Rantau Utara, melainkan SMK Negeri 2 Rantau Prapat.

"Mohon maaf Bapak dan Ibu guru semuanya, saya disini tetap membawa nama SMK Negeri 2 Rantau Prapat, karena pada masa itu masih nama tersebut, namun sekarang sudah berubah menjadi SMK Negeri 2 Rantau Utara," katanya.

"Dulu masih 3 kejuruan, yaitu Mesin, Kontruksi Bangunan dan Pertanian, namun sekarang sudah ada 7 atau 9 kejuruan kalau tidak salah," tambahnya.

Kami disini juga melibatkan adik-adik dari anggota Osis, agar mereka bisa mengenal abang dan kakak kelasnya yang sudah sukses setelah tamat dari SMK Negeri 2 Rantau Prapat ini.

Ketua Panitia Reuni M Iqbal Sitorus saat memberikan hadiah Doorprice kepada Guru


"Panitia reuni ini pun kita libatkan siswa-siswi OSIS dari SMK saat ini. Kami ingin mereka juga melihat apa yang kami lakukan saat ini dan mereka bisa mengingat sehingga angkatan mereka juga akan melakukan hal yang sama," terangnya.

Selain itu Iqbal juga menyatakan bahwa dengan melibatkan anak-anak OSIS SMK Negeri 2 Rantau Prapat sebagai panitia, para alumni juga lebih memiliki waktu untuk mengobrol antara satu sama lain di reuni tersebut ketimbang sibuk memikirkan acara.

Uniknya para alumni juga memakai Baju seragam dengan bertulisan Symphony 20 Tahun Alumni Pertama SMK Negeri 2 Rantau Prapat. Hal ini dilakukan karena mereka ingin kembali ke masa masa SMK.

"Selain itu juga saat ini kan kita sudah ada yang tamat ada yang merupakan jadi Polisi, TNI, PNS dan punya usaha, tapi kita mau saat bertemu dengan teman-teman lain kita kembali ke masa itu di mana kita masih sejajar semuanya tidak ada yang lebih satu antara yang lain," ungkapnya.

Dengan gelaran acara ini, Iqbal dan para alumni berharap para alumni bisa saling bertemu lagi bisa saling membantu. Seperti saat ini ada teman-teman yang membutuhkan para alumni bisa saling sharing bukan hanya materi tapi juga pikiran dan juga tenaga.

"Dengan diadakan reuni ini kita bisa bertemu kembali dan saling sharing, saya juga berterima kasih kepada teman-teman semua nya atas suport dan sumbangsinya baik materi dan tenaga, semoga kedepan nya bisa kita adakan lebih meriah lagi,'' harapnya. 

Hendra bersama Alumni lainnya saat memberikan Plakat (Cendera Mata) kepada Guru SMK Negeri 2 Rantau Utara


Sementara, Kepala Sekolah SMKN 2 Rantau Utara Drs Jabahot Simamora,M.M yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Kurikulum Romaulina Simanjuntak mengatakan, menyambut baik kegiatan tersebut.

"Reuni ini sangat berguna untuk pengembangan SMK Negeri 2 Rantau Utara ke depan sebagai sekolah terfavorit di di Rantauprapat, Labuhanbatu, Sumatera utara. Saat ini telah memiliki 9 Program Studi," katanya.

Lanjut beliau, Kegiatan ini suatu gagasan atau sejarah, dimana para tamatan tidak lupa almamaternya. Yang sangat senang membuat hati bangga, alumni pertama ini atau 2003 ini, sudah ada anaknya sekolah di SMK N 2 Rantau Utara ini kelas XII yang tamat pada tahun pelajaran 2022/2023 .

“SMKN 2 Rantau Utara berdiri pada tahun 2000, angkatan pertama ini kalian adalah anak sulung, sehingga angkatan ini mempunyai cerita dan kenangan yang lebih, dimana dahulu hanya memiliki 7 orang guru dan 5 Program Studi (Prodi)”. terangnya

SMKN 2 Rantau Utara hingga tahun 2023 telah di pimpin 4 orang Kepala Sekolah, saat ini sekolah kita telah menerapkan kurikulum merdeka.

"Reuni alumni pertama ini merupakan pertemuan kembali antara siswa, tujuannya menjalin silaturahmi, dapat mempererat persaudaraan antara alumni yang selama ini sudah terjalin dengan baik,"katanya.

“Kegiatan ini bisa memotivasi saya, dan dapat mensupport bagi saya untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi peserta didik,” tegasnya.

Kami selaku guru bangga kepada anak didik para alumni pertama ini, sehingga para alumni siap menghadapi lapangan kerja baik dunia usaha dan dunia industri, dahulu sekolah kita ini bernama SMKN 2 Rantauprapat dan sekarang menjadi SMKN2 Rantau Utara.

Sementara, mewakili Guru SMK Negeri 2 Rantau Utara Nurwanuddin dalam kata sambutan nya mengatakan, para guru di SMK Negeri 2 Rantau Utara ini sangat bangga dengan Alumni pertama ini, ini adalah momen yang tidak bisa dilupakan, lantaran sudah 20 Tahun lama nya baru bertemu kembali di Sekolah ini. 

"Kami merasa bangga dengan kalian, apalagi kalian semua sudah pada sukses dan ini adalah momen yang sangat baik selama 20 tahun kita berpisah dihari ini kita bisa bertemu kembali, meskipun masih banyak yang belum ikut hadir," katanya.

Lanjut dikatakannya nya, dirinya memohon maaf yang sebesar-besarnya jika disaat sekolah dulu para guru-guru ada yang mendidik dengan keras, mereka mendidik seperti itu bukan karena benci namun agar para murid bisa lebih disiplin dan berhasil.

"Kami disini juga memohon maaf kepada murid-murid kami yang mana dulunya pernah mendidik kalian dengan keras dan tegas, kami mendidik seperti itu bukan karena kami benci ataupun disengaja, kami mendidik kalian agar kalian kedepan nya bisa lebih disiplin dan menjadi orang hebat, dan terbukti hingga sekarang ini kalian semua sudah pada sukses ada yang menjadi Polisi, TNI, PNS dan pengusaha, semoga kedepan nya kalian bisa lebih sukses lagi dan kita berharap agar kita selalu diberikan kesehatan agar kita bisa kembali bertemu lagi untuk tahun berikutnya," tandas Mantan Guru Fisika di SMK Negeri 2 Rantau Prapat itu. 

Acara ini ditutup dengan memberikan Plakat (Cendera mata) kepada Guru SMK Negeri 2 Rantau Prapat, menyanyi bersama dan pembagian doorprice. Turut di hadiri Wakasek, dewan guru dan para alumni pertama siswa SMKN2 Rantau Utara. (MI/Hen


Editor : HENDRA HARTANTO

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->