|

Dirkrimsus Poldasu: Praktik Pengoplosan Gas Akibatkan Kelangkaan

Editor: Admin
Dirkrimsus Poldasu Kombes Pol Teddy JS Marbun didampingi Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kasat Reskrim Polrestabes Medan dan Kompol Fathir Mustafa saat merilis pengungkapan pengoplosan Gas Elfiji diJalan Sei Kapuas, Gang Bunga, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (28/7/2023), Sore


METROINDO.ID | MEDAN - Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun mengatakan, praktik pengoplosan gas mengakibatkan terjadinya kelangkaan di masyarakat.

Hal itu disampaikan Kombes Pol Teddy di lokasi pengungkapan pangkalan pengoplosan gas Jalan Sei Kapuas, Gang Bunga, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (28/7/2023), Sore. 

"Dampak dari pengoplosan tabung gas itu kelangkaan terhadap gas bersubsidi berukuran 3 kg yang diperuntukan bagi masyarakat miskin serta pelaku usaha UMKM," kata Teddy didampingi Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi dan Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Fathir Mustafa.

Teddy menyebut, dalam praktiknya, tabung gas yang telah dioplos dari subsidi ke non subsidi akan dijual kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Kasus pengoplosan tabung gas bersubsidi ini masih dalam pengembangan Polda Sumut dan Polrestabes Medan," sebut Mantan Kasubdit II Dittipidter Bareskrim Polri itu. 

Pangkalan pengoplos tabung gas berukuran 3 kg itu beraksi dengan cara memindahkan isinya ke tabung berukuran 12-50 kg.

"Para pekerja di pangkalan itu menggunakan alat berupa pipa (alat jos) pada tabung ukuran 12 kg dan 50 kg dihubungkan pada tabung gas ukuran 3 kg. Sehingga gas yang berada di tabung gas ukuran 3 kg berpindah ke tabung gas ukuran 12 kg dan 50 kg," paparnya.

Teddy mengungkapkan, sebanyak tiga orang pekerja dari pangkalan yang mengoplos gas bersubsi itu telah diamankan. Ketiga pekerja yang diamankan itu berinisial RT, NF dan APG.

"Turut disita barang bukti 349 tabung gas 3 kg, pipa untuk mengoplos, 124 tabung gas ukuran 12 kg, 14 tabung ukuran 50 kg, 12 tabung ukuran 5,5 kg," ungkapnya. (MI/Hen

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->