|

Sambut HUT TNI AL, Prajurit Yonmarhanlan I Turun ke Sungai Sukseskan Program Kali Bersih

Editor: Admin



METROINDO.ID | BELAWAN - Segenap Prajurit Pertarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) l dipimpin Danyonmarhanlan I Mayor Mar Irwan Abidin, M.Tr.Opsla.,CBEI.  yang tergabung dalam jajaran Lantamal l serta beberapa Instansi di Medan Belawan melaksanakan pembersihan sungai Deli di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Selasa (5/9/2023).

Program Kali Bersih ini digelar dalam rangka menyambut HUT TNI AL Ke – 78 dengan tema "Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 

Setelah Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali saat membuka kegiatan Prokasih di Cilincing, Jakarta Utara, 13.500 personel TNI AL turun ke beberapa sungai diwilayah kerja masing-masing dan melaksanakan pembersihan sungai. 

Beberapa instansi di Medan Utara juga turut berpartisipasi dalam Program Prokasih ini diantaranya Ditpolair Polda Sumut, Polres Pelabuhan Belawan danjajaran, Pemko Medan, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan, Kecamatan Medan Belawan, Karang Taruna Belawan, Kepala Lingkungan se- Kelurahan Belawan Bahari. 



Kegiatan tersebut juga diikuti oleh warga setempat dan siswa siswi sekolah di Medan Utara.

Rangkaian acara diawali dengan apel kesiapan secara virtual dari 78 lokasi dari sabang sampai marauke.  



Disumatera utara sendiri, Kegiatan Prokasih 2023 dipimpin oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dan dirangkai dengan kegiatan penanaman pohon.

Disela sela kegiatan Danyonmarhanlan l Mayor Marinir Irwan Abidin., M.Tr. Opsla., CBEI menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga kebersihan sungai dari sampah yang berpotensi dapat mencemari laut.  

Komandan Yonmarhanlan I juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan tidak membuang sampah ke kali atau sungai sehingga tercipta  lingkungan hidup yang sehat. (Dispen TNI AL Pasmar 1 Belawan).

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->