|

HUT Ke 3 PESUT Gelar Pelatihan Keterampilan Untuk 100 Istri Nelayan

Editor: Admin


METROINDO.ID | MEDAN – Dalam rangka HUT Ke-3 Persatuan Perempuan Sumatera Utara, Sekaligus memperingati Hari Ibu Ke 96, pengurus PESUT melakukan giat Bakti Sosial yang diselenggarakan di Cafe Seputaran Aloha, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (20/12/2023).

Dalam kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan abon ikan sekaligus pembagian seratus paket sembako untuk 100 istri nelayan.

Selain itu juga pengurus melakukan kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan kepada 100 istri nelayan (Puan ANSI) sekaligus pemberian sembako.

Sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur Organisasi ini awalnya didirikan oleh tiga orang perempuan, yakni adalah Dewi Teruna Said ST selaku Ketua Umum Duma Nasution Bendahara, Khoirul Bariyah Nst,SP.,S.Pd Ketua Panitia,Laily Maria Sekretaris, dan devi said

Menurut Dewi mengatakan kepada wartawan bahwa di era digitalisasi hampir semua kaum perempuan banyak meluangkan waktu di android atau hp, itu diarahkan untuk dapat memaksimalkan potensi android nya masing-masing.

“Apalagi pasar internasional sangat mudah di jangkau oleh siapa saja yang menggunakan Indonesia, diera digitalisasi kaum perempuan juga dapat menambah income keluarga apabila cerdas dalam menggunakan gadget”, ujar Dewi.

“Fokus kepada sosial dan lingkungan Sebelumnya sudah sering melakukan kegiatan kegiatan serupa diantaranya penanaman pohon pembukaan bank bank sampah bagi sembako kepada istri para nelayan serta melakukan kegiatan istiqomah setiap Jumat adapun dana anggaran dihimpun dari pengurus dan anggota Secara Patungan”, Sambung Dewi.                                                                                                                                                Harapan Dewi akan muncul kader kader perempuan dari Sumatra Utara yang  tangguh, taqwa dan terpercaya yang dapat menyebarkan kebaikan diberbagai pihak terutama di kawasan perumahan para nelayan yang selama ini cukup padat dan cukup ramai sehingga apabila Arah istri-istri nelayan terkader menjadi pelaku-pelaku ekonomi ini akan menular kebaikan.                                                                                                                                       

Tambahnya dalam kegiatan HUT Ke-3 tersebut , Persatuan Perempuan Sumatera Utara membuat pelatihan abon ikan bagi istri nelayan.

”Sekarangkan banyak minimarket- minimarket tersebar diseluruh Indonesia ada Alfamart, Indomaret dan lainya nah perusahaan perusahaan ini atau toko toko ini wajib menerima dan menjual produk ukm sejumlah 30 persen dari isi toko, itu wajib menampung hasil produksi yang diolah oleh masyarakat tentunya melewati persyaratan yang  sudah di atur undang undang salah satu nya, BPOM nya Lebel halalnya dan kemasan", ungkap Dewi.                                                                                                                              

Tantangan ini yang harus dijawab oleh persatuan perempuan Sumatera Utara bagaimana setelah ibu-ibu istri para nelayan paham maka bisa menjadi produsen dari produk-produk yang dihasilkan mereka.

"Setelah itu kita tindak lanjuti membentuk kelompoknya kemudian perijinannya bahkan sampai membantu menjualnya, kebetulan saya ketua dewan UKM Sumatra Utara akan memberikan rekomendasi atau menyurati Alfamart, Indomaret dan toko-toko sejenisnya agar menerima produk produk tentunya dengan memenuhi syarat-syarat itu lah salah satu tujuan kenapa organisasi ini mendorong kaum perempuan", tutupnya.(MI/Red).

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->