|

Mayor Marinir Surya Affandi Noviyanto Asli Anak Belawan Sang Ajudan Ketua MPR-RI, Ini Profilnya..!

Editor: Admin
Mayor Marinir Surya Affandi Novyanto bersama Nyonya Affandi


METROINDO.ID
| BELAWAN -
Ada yang menarik saat menyaksikan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Bambang Soesatyo menjalankan aktifitasnya belakangan ini. Sabtu (21/1/2023). 

Tampak sosok pria hitam manis bertugas sebagai ajudan yang selalu mendampingi dan mengawal orang nomor satu dilembaga yang memiliki wewenang salah satunya melantik Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI).

Adapun namanya adalah Surya Affandi Noviyanto, perwira menengah berpangkat Mayor Marinir lulusan akademi militer (Akmil) Tahun 2006 ini dipercaya sebagai ADC (Aide de Camp) mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang baru.

Penasaran dengan sosok yang bertanggung jawab mengatur segala protokol kegiatan Bambang Soesatyo dalam menjalankan peran sebagai pimpinan salah satu lembaga tinggi negara ini.

Ini Profil Singkatnya

Lahir di Surabaya 39 tahun silam, seorang bocah yang kerap dipanggil Surya ini tumbuh dan berkembang disebuah kota Pelabuhan Belawan, terletak di wilayah ujung Utara Kota Medan, tepatnya dikelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.

Mayor Marinir Surya Affandi Noviyanto (Baju Batik) saat mengawal Ketua MPR RI Bambang Soesatyo


Kehidupan yang keras ala Kota Pelabuhan namun dijalani dengan penuh kedisiplinan yang melekat pada dirinya didapat buah dari didikan sang ayah yang juga seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) berpangkat Sersan.

Surya kecil saat itu mulai memasuki sekolah umum tingkat SD dan SMP nya di yayasan Hang Tuah Belawan, sebelum menamatkan pendidikan formilnya di SMAN 16 Medan, lalu kemudian sempat berkuliah hanya setahun di sebuah Universitas Islam swasta Kota Medan.

Pada Tahun 2003, Surya Affandi terpaksa memutuskan berhenti kuliah disebabkan dirinya lolos tes masuk akademi militer (AKMIL) yang berpusat di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur setelah pada tes sebelumnya ia sempat gugur di tahap Pantukhir.

Mayor Marinir Surya Affandi Noviyanto (Baju Safari Hitam) saat mengawal Ketua MPR RI Bambang Soesatyo


Selesai mengikuti pendidikan Akmil ia pun memulai karir Militernya dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Pada perjalannya Surya Affandi pun selalu mengikuti pendidikan kemiliteran yang diselenggarakan TNI-AL diantaranya: Dikpasis Tahun 2007, Dikpara Dasar Tahun 2007, Sus Danton Tahun 2008, Diktaifib Tahun 2012, Sus PTAL XII Tahun 2013, Sus Intel Cilendek Tahun 2013, Sus Jihandak Tahun 2013, dan Diklapa Kopur XXVI tahun 2017.

Berbagai jabatan kedinasan pun pernah diembannya sebagai bukti perwira yang selama 5 tahun bertugas di Denjaka ini merupakan salah seorang prajurit terbaik di Korps Marinir dengan memiliki beberapa tanda jasa dan dengan jabatan terakhir sebagai WADANYONIF 2 BRIGIF 1 PASMAR 1 KORMAR.

Baru baru ini perwira yang pada 2010 juga pernah menjadi ADC Wakasal Mabesal, dan ini berhasil menjadi salah seorang lulusan terbaik pada DIKREG SESKOAL Angkatan 60 TA 2022.

Mayor (Mar) Surya Affandi Noviyanto pun terus melengkapi persyaratan untuk dapat memegang jabatan strategis di tubuh TNI-AL.

Hampir 17 tahun mengabdi di Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) terbersit sebuah kerinduan dibenak Surya untuk dapat bertugas di Bhumi Marinir Belawan sejenak, kerinduan sama yang hinggap dihati ibunda tercinta untuk dekat dengan putra sulungnya saat memasuki hari tua.

Dengan segala jabatan dan prestasi yang diraih Surya Affandi Novyanto, Belawan bangga memiliki salah seorang putra terbaiknya. (*) 


Penulis: Ary Wahyudi Nasution

Editor: HENDRA HARTANTO

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->