|

Gempa Bumi Mengguncang Aceh Singkil dan Dirasakan Gunungsitoli

Editor: Admin


METROINDO.ID | GUNUNGSITOLI - Gempabumi bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah kabupaten aceh singkil getarannya dirasakan kuat oleh warga di Gunubgsitoli dan Kepulauan Nias.

Berdasarkan informasi melalui situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG, gempa berada pada kordinat 1,96 derajat lebih Lintang Utara dan 97,85 derajat Bujur Timur, Berpusat di Laut 42 KM Tenggara, Kabupaten Aceh Singkil, dengan kedalaman 19 KM.

Belum diketahui informasi terkait dampak yang ditimbulkan khusus pada dekat lokasi, namun getaran gempa tersebut turut dirasakan oleh warga yang berada di Gunungsitoli dan Kepulauan Nias.

Peristiwa yang terjadi pada hari Sabtu (11/3/2023) pukul 11.03 WIB, ini umumnya hanya dirasakan nyata oleh warga yang sedang berada di dalam rumah, Sedangkan warga yang berada di luar rumah tidak mersakan getaran itu.

Salah seorang warga Gunungsitoli yang bernama Beni Zebua mengatakan, durasi genpa hanya dirasakan cukup singkat, yakni selama 2 detik.

"Enggak begitu lama lah gempa nya, paling sekitar dua detik aja lah, hari pun ketepatan hujan," ujar Beni Zebua.

Sejauh ini belum diketahui adanya korban jiwa serta kerusakan bangunan yang di timbulkan atas peristiwa itu.

Informasi yang dihimpun melalui sarana komunikasi dengan kepala stasiun Geofisika BMKG Gunungsitoli Buha Manupol Simanjuntak menyebutkan, hasil permodelan Gempa tidak berpotensi Tsunami.

Bidang Seismologi Tekhnik BMKG juga terus membuat laporan kejadian Gempa Bumi tersebut berdasarkan hasil pantauan dan catatan alat Seismograf yang mendeteksi pada sejumlah lokasi.

Selanjutnya warga telah diminta ekstra warpada manakala Gempa Bumi susulan berpotensi terjadi kapan saja. (MI/Red)

Penulis : Heri Prasatya

Editor : Hendra Hartanto

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->