|

Tokoh Masyarakat Belawan dan Pelindo Regional 1 Bahas Rencana Kolaborasi Program Kepedulian Terhadap Masyarakat Lingkungan Belawan

Editor: Admin


METROINDO.ID | BELAWAN - PT Pelabuhan Indonesia (Persero)  Regional 1 yang diwakili oleh Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Kasih Dwi Yanti serta Manager Hukum & Humas Regional 1 Fadillah Haryono menerima kunjungan tokoh Masyarakat Belawan H. Irfan Hamidi yang didampingi oleh R. Khairil Chaniago, bertempat di Grha Pelindo Regional 1 Belawan. Sabtu (18/5/2024). 

Pada kesempatan tersebut Haji Irfan Hamidi mengemukakan maksud kunjungannya adalah semacam road show ke beberapa pihak untuk menyampaikan beberapa problem yang sedang dihadapi masyarakat Belawan yakni terkait infrastruktur pemukiman, kemiskinan struktural, peluang kerja bagi generasi muda, pendidikan dan kriminalitas.

"Dengan harapan ada langkah dan upaya taktis dan strategis untuk mengatasi beragam problema tersebut dengan melibatkan beberapa pihak baik dari unsur pemerintah, aparatur hukum maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta yang ada dan beraktivitas di belawan," kata H Irfan Hamidi.

Lebih lanjut disampaikan oleh tokoh masyarakat Belawan ini, kiranya PT Pelindo Regional 1 dapat menjadi salah satu pihak yang peduli dan berkontribusi aktif dalam mengatasi persoalan yang ada sesuai dengan kemampuan serta program perusahaan. 

"Namun hal ini jangan dominan bersifat seremonial belaka, perlu sebuah program yang bersifat fundamental dalam arti bermanfaat nyata dan berkelanjutan bagi Masyarakat Belawan," harapnya.

Sebagai contoh bahwa saat ini sangat banyak kalangan muda Belawan yang belum berkesempatan memperoleh pekerjaan sehingga angka pengangguran tinggi padahal di Belawan banyak Perusahaan yang beroperasi. 

Permasalahan ini memerlukan solusi dan peran dari berbagai pihak, salah satunya dengan memberikan edukasi terampil kerja melalui pelatihan Life Skill yang berhubungan dengan jenis – jenis pekerjaan yang ada di Belawan, seperti pelatihan dan sertifikasi juru las (Training Welder), training operator Forklift, Reach Stacker Crane dan sejenisnya.

"Yang  bertujuan untuk mempermudah generasi muda Belawan dalam memperoleh kesempatan yang sama untuk dipercaya bekerja dalam sebuah Perusahaan,"ungkap haji Irfan.

Adapun hal lain yang disampaikan oleh tokoh yang terkenal vocal di Belawan ini adalah terkait usulan “Kolaborasi Dukungan Pendidikan” Bagi anak anak usia sekolah dari keluarga pra Sejahtera serta mempertanyakan sejauh mana PT Pelindo Regional 1 menyusun program dukungan dalam pengembangan dan penguatan para pelaku UMKM yang ada di Belawan guna peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar Perusahaan.

PT Pelindo Regional 1 diwakili Kasih Dwi Yanti menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Haji Irfan selaku tokoh masyarakat Belawan terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat Belawan. 

"Bahwa Belawan merupakan salah satu wilayah prioritas Pelindo dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan TJSL), baik di bidang lingkungan, pendidikan, pengembangan ekonomi dan UMK maupun program Pelindo Berbagi," terangnya.

Diantara yang telah direalisasikan yaitu program penyediaan air bersih, penanaman pohon, bantuan halte sampah, kampung ramah anak termasuk pelatihan dan pembekalan usaha bagi UMK, pencegahan dan penanggulangan stunting, beasiswa Pelindo, serta program Berbagi Ramadhan dan Qurban setiap tahun. 

"Adanya masukan dari tokoh masyarakat tersebut akan menjadi pertimbangan bagi Pelindo dalam menetapkan program TJSL perusahaan yang juga selaras dengan program perusahaan sehingga program yang dilaksanakan tepat sasaran dan bermanfaat optimal bagi masyarakat," tandasnya. (MI/Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->