|

Kasus Penembakan Warga Hingga Tewas Dilakukan Oknum Polisi Berlanjut ke Komnas HAM RI

Editor: Admin
Keluarga korban didampingi Kuasa Hukum


METROINDO.ID
| MEDAN -
Laporan pengaduan kasus penembakan dilakukan oknum Polisi terhadap warga hingga tewas yang terjadi di Jalan KL Yos Sudarso Km 18 Gang Mafo Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, diterima Komisi Nasional Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI). 

Laporan pengaduan tertulis ke Komnas HAM RI tersebut disampaikan langsung Direktur LBH Cakra Keadilan Helmax Alex Sebastian Tampubolon selaku kuasa hukum dari keluarga almarhum Iwan alias Nasib pada awal Nopember 2022 dan diterima oleh Hari Kurniawan selaku komisioner Komnas HAM RI bidang pengaduan secara virtual (zoom meeting), Rabu (7/12) sekira jam  19.00 Wib, lalu.

Laporan pengaduan secara virtual (zoom meeting) tersebut turut disaksikan keluarga almarhum Iwan alias Nasib di Kantor LBH Cakra Keadilan di Jalan Tuar Raya Komplek MU City Blok C2 Griya Martubung Kecamatan Medan Labuhan.

Dalam kesempatan tersebut keluarga almarhum Iwan alias Nasib menyampaikan keluhannya kepada Komisioner Komnas HAM RI, karena sampai saat ini belum ada titik terang atas upaya laporan yang sudah disampaikan sebelumnya di Propam Polres Pelabuhan Belawan dan laporan pidana umum di Polda Sumut atas kasus dugaan pembunuhan tersebut.

“Sampai sekarang belum ada titik terang kelanjutan dari laporan pengaduan di Propam Polres Pelabuhan Belawan dan Resrkim Polda Sumut,” sebut Yoni, anak almarhum Iwan alias Nasib. Sabtu (17/12/2022).

Setelah mendengar keluhan dari keluarga Iwan alias Nasib, kemudian Helmax Alex menjelaskan bahwa laporan ada dua bentuk yaitu laporan model A di Propam Polres Pelabuhan Belawan dan laporan model B atas tindakan dugaan sebagai mana diatur dalam pasal 338 KUHP.

“Yang kami sesalkan, sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari kasus ini sehingga kami mengadukan kasus ini ke Komnas HAM RI,” tutur Helmax.

Helmax Alex menambahkan, sebelumnya pihaknya juga telah mendampingi keluarga almarhum Iwan alias Nasib mengadukan tindak kekerasan yang dilakukan oknum polisi tersebut ke DPRD Sumut dan diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Irham Buana Nasution.

Sementara itu, Hari Kurniawan menjelaskan bahwa laporan pengaduan ini akan ditindak lanjuti dan mengarah laporan ini ke Bagian Koordinator Subkomisi Penegakan HAM / Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan / Komisioner Pengawasan yaitu Uli Parulian Sihombing.

“Saya berjanji akan memberikan bantuan yang maksimal sampai terusut tuntas perkara ini,” sebut Hari Kurniawan.(MI/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->