|

Gempa Bumi M6,2 Menguncang Aceh dan Sebagian Sumut

Editor: Admin

Ilustrasi alat deteksi gempa bumi

METROINDO.ID | ACEH - Gempa bumi mengguncang Aceh, berkekuatan M 6,2, tidak berpotensi tsunami, Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB. 

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Aceh ini memiliki parameter update M 6,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, gempa di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh, merupakan gempa tektonik.

Episenter atau pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah tenggara Kota Singkil, Aceh, pada kedalaman 54 km.

Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter gempa dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi di Aceh ini merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Penyebab gempa Aceh, menurut dia, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia.

Analisis BMKG gempa Aceh memiliki mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki pergerakan geser naik (oblique thrust).

Kendati demikian, gempa Aceh berkekuatan M 6,2 ini, berdasarkan hasil pemodelan yang dilakukan BMKG, menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

BMKG terus memonitor gempa di Aceh, tetapi hingga pukul 06.00 WIB, kata Daryono, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Lebih lanjut, Daryono mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, terkapit gempa Aceh M 6,2 ini, masyarakat diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan gempa, serta tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan sebelum kembali ke dalam rumah.

Gempa magnitudo 6,2 yang berpusat dekat Aceh Singkil dilaporkan terasa di beberapa wilayah Sumatera Utara.

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), warga Gunung Sitoli dan Padang Sidempuan ikut merasakan guncangan.

Warga dimedan beberapa ada yang merasakan guncangan gempa.

"Iya terasa goyang gitu, sampek becak yang diparkir diluar terlihat goyang-goyang gitu" Ucap warga Medan.

Gempa M 6,2 Guncang Aceh Singkil, Tidak Berpotensi Tsunami Sedangkan di Padang Sidempuan, gempa terasa hanya oleh beberapa orang saja (II-III skala MMI).

Selain dua wilayah tersebut, guncangan turut dilaporkan terasa di Aceh Selatan dan Subulussalam, hingga berita ini ditayangkan. 

Hingga saat ini belum ada info laporan kerusakan dan korban yang diterima. (MI/HP).

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->