|

Ketum Jalasenastri Resmikan Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tua Belawan

Editor: Admin
Ketua Umum Jalasenastri dan juga pembina Yayasan Hang Tua Ny. Fera Muhammad Ali saat melakukan pengguntingan pita dalam meresmikan gedung Yos Sudarso SMK Hang Tua Belawan di Jalan KL. Yos Sudarso, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Senin (16/10/2023). 


METROINDO.ID | BELAWAN - Ketua Umum Jalasenastri dan juga pembina Yayasan Hang Tua Ny. Fera Muhammad Ali meresmikan gedung Yos Sudarso SMK Hang Tua Belawan di Jalan KL. Yos Sudarso, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Senin (16/10/2023).

Dalam kata sambutannya Ny. Fera Muhammad Ali menyampaikan, pengembangan kualitas pendidikan dewasa ini, menempati peran sangat penting dan strategis bagi kelangsungan kehidupan bangsa indonesia. 

"Dikarenakan, tinggi rendahnya pendidikan, menjadi penentu kualitas nasib bangsa kita dimasa yang akan datang. Sehingga tinggi rendahnya kualitas bangsa kita dimasa depan, sangat tergantung pada derajat keberhasilan penyelenggaraan pendidikan itu sendiri," kata Ketum Jalasenastri itu.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.

Sarana dan prasarana yang memenuhi persyaratan merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi, jika tidak ada sarana dan prasarana dimana siswa dapat belajar keahlian dalam meningkatkan profesionalisme serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

"Semakin baik penyelenggaraan pendidikan suatu sekolah kejuruan, maka akan memberikan kesan baik dunia usaha/dunia industri terhadap sekolah yang bersangkutan," katanya.



Sehingga makin meningkatkan kepercayaan untuk membangun kerjasama yang lebih luas antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri. 

"Inilah yang akan makin memperkokoh link and match antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri, sebagai bentuk ideal sekolah kejuruan modern," ucapnya.

SMK juga memiliki tujuan menciptakan SDM yang siap bekerja di industri maupun di masyarakat dengan keterampilan yang dibutuhkan, harus memiliki sarana pendukung untuk meningkatkan kualitas lulusan yang siap terjun ke lapangan. 


Penanda tanganan Prasasti oleh ketua Yayasan Hang Tua Ny. Fera Muhammad Ali


Sarana dan prasarana dalam pendidikan teknik sangat diperlukan untuk dapat mengimplementasikan kurikulum pendidikan teknik dengan baik.

Ketersediaan tempat, alat dan bahan juga sangatlah penting dalam keberhasilan melakukan proses praktikum dengan diresmikannya ruang kelas baru (RKB) dan laboratorium Teknik Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah Belawan ini, menjadikan SMK Hang Tuah Belawan dapat memenuhi sistem pendidikan nasional dengan menyediakan sarana dan prasarana yang standar sehingga memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

Sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional nomor 24 Tahun 2007, ini merupakan wujud nyata dari komitmen yayasan hang tuah untuk terus berupaya memperbaiki diri, agar dapat menciptakan satu sistem pendidikan yang terbaik bagi seluruh peserta didiknya.


KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Ny Fera Muhammad Ali


"Gedung ini dibangun dengan uang sekolah yang merupakan hasil jerih payah menabung sedikit demi sedikit, hendaknya dipelihara dan dirawat agar tetap nyaman untuk dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar," terang Pembina Yayasan SMK Hang Tua Belawan itu.

Rencananya gedung ini akan dibangun dua lantai agar dapat menampung jumlah siswa secara signifikan, oleh karena itu pihaknya mohon doa restu agar pembangunannya dapat segera terlaksana. 

"Pembangunan Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah Belawan ini, merupakan salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia, khususnya siswa siswi Hang Tuah sebagai generasi penerus bangsa," ucapnya lagi.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Yayasan Hang Tuah yaitu 

"Menjadikan putra putri keluarga besar tni angkatan laut dan masyarakat umum cerdas, sehat jasmani dan rohani, bertaqwa, berbudi luhur serta memiliki jiwa kebaharian/ wawasan kelautan melalui pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas dan mandiri".

Yayasan Hang Tuah senantiasa mengikuti denyut perubahan pendidikan, baik melalui penyempurnaan pelayanan kepada para peserta didik untuk dapat bertambah sesuai dengan bakat dan kemampuannya maupun peningkatkan kualitas/kompetensi para guru agar terwujud output pendidikan yang berkarakter, berkualitas dan berakhlak mulia.

Dalam kesempatan ini Ny. Fera mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus, guru dan staf yang telah bekerja keras untuk mengembangkan yayasan Hang Tua Belawan ini.

Pengamatan wartawan, peresmian Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tua Belawan ditandai dengan pengguntingan pita dan penanda tanganan prasasti oleh ketua Yayasan Hang Tua Ny. Fera Muhammad Ali, serta dilanjutkan dengan meninjau gedung dan ruangan.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Pangarmada I Laksamana Muda TNI Wibisono, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo beserta istri, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Wira Hady AW M Tr Opsla, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon dan sejumlah PJU Mabesal TNI AL. (MI/Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->