|

HNSI Silaturahmi dan Sosialisasikan Ansuransi pada Warga Nelayan

Editor: Admin



METROINDO.CO.ID | MEDAN - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPD HNSI) Sumut Zulfahri Siagian SE bersama Ketua DPC HNSI Kota Medan Abdul Rahman melaksanaka kegiatan sosialisasi tentang pemahaman ansuransi nelayan sekaligus menampung aspirasi nelayan dilaksanakan di Jalan Young Panah Lingkungan 7 Hijau Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan. Kamis (11/02/2021).


Menurut Zulfahri, adapun nelayan yang berhak menerima ansuransi nelayan diantaranya

Persyaratan KTP yang berprofesi sebagai nelayan penangkapan, adanya kartu nelayan/Kusuka, surat keterangan dari Lurah sebagai nelayan, bekerja di kapal ikan dibawah 10 GT, nelayan tersebut direkomendasikan dari Dinas Perikanan Kabupaten/Kota.


”Saat ini dari 170 ribu nelayan, baru 25 persen atau 45 ribu nelayan saja yang terlayani beransuransi dan rencananya Pemerintah akan mengansuransikan 10 ribu nelayan”, terang Zulfahri.


Lebih lanjut dikatakan, apalagi saat ini nelayan masih dihadapi dengan situasi cuaca ekstrim.


Selain soal ansuransi nelayan, ketua HNSI Sumut juga menyampaikan tatacara memohon bantuan (proposal) pada Pemerintah melalui Dinas Perikanan Kelautan.


Disamping itu, HNSI juga menerima masukan aspirasi dari masyarakat nelayan baik terkait persoalan alat tangkap, zona tangkap maupun persoalan lainnya.


"Kami juga menampung aspirasi masyarakat nelayan terkait persoalan alat tangkap, zona tangkap dan persoalan yang dialami para nelayan," tandas Zulfahri. (Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->